Pengaruh Kesulitan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kesulitan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19 pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan

XML

Di masa pandemi covid-19 model pemeblajaran yang digunakan Program Studi Pendidikan Teknik Banguan adalah pembelajaran dalam jaringan. Pembelajaran dalam jaringan dipengaruhi oleh beberapa faktor diataranya kesulitan dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan : (1) Mendapatkan data tentang besarnya pengaruh kesulitan belajar terhadap pelaksanaan belajar dalam jaringan. (2) Mendapatkan data tentang besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap pelaksanaan belajar dalam jaringan. (3) Mendapatkan data tentang besarnya pengaruh kesulitan belajar dan motivasi belajar secara besama-sama terhadap pelaksanaan belajar dalam jaringan pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi spss versi18. Tahapan dan hasil pengujian: (1) Uji normalitas data, didapatkan data berdistribusi normal dengan asumsi signifikan 0,339 > 0,05. (2) Uji Linearitas bedasarkan F tabel X1 dengan nilai Df 35 terhadap 72 = 1,626 < 1,903, artinya ada hubungan signifikan, X2 dengan nilai Df 28 terhadap 79 = 0,612< 1, 186, artinya ada hubungan. (3) Uji Multikolinearitas X1 dan X2 dilihat dari nilai tolence yaitu 1,130 > 0,01 < 0,05, maka tidak terjadi multikolinearitas dan dapat dilanjutkan uji regresi linera berganda, artinya penelitian baik. (4) Uji Heterokedastisitasan menunjukan bahwa scatterplot model regresi tidak ada kesamaan varians, nilai koefisien determinasi (R Square) = 0,156 < 0,05, artinya ada penggaruh secara simultan antara X1 dan X2 = 0,156 atau 15,6 % sedangkan sisanya 84,4 % dipengaruhi oleh factor lain dan hasil. (5) Uji Hipotesis, berdasarkan tabel anova nilai X1 dan X2 adalah 0,000 < 0,005 artinya nilai X1 dan X2 secara simultan diterima, tabel anova F hitung Y = 9,770 > 3,084, maka hipotesis H3 diterima artinya ada penagruh antara X1 dan X2 terhadap Y, berdasatkan t tabel nilai signifikan X1 = 0,590 > 0,05, maka H1 ditolak karena tidak ada pengaruh dan niali signifikan X2 = 0,039 < 0,05, maka hipotesis H2 diterima. (6) Uji Regresi linear berganda didapatkan persamaan yaitu: Y= 28,591- 0,151 X1+ 0,676 X2 dari persamaan ini dijelaskan bahwa nilai kostanta (28,591), artinya jika X1 dan X2 nilainya nol maka Y=28,591, nilai X1 (-0,151), artinya tanda negatif berakibat bila X1 rendah maka Y akan meningkat, nila X2 (0,676), artinya bahwa tanda positif berarti apabila X2 meningkat maka Y akan mengalami peningkatan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa untuk meningkat pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan maka dibutuhkan motivasi belajar yang tinggi, semakin tinggi motivasi belajar maka semakin rendah kesulitan belajar dan perlu adanya kerja sama antara mahasiswa untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan pemebelajaran dalam jaringan


Detail Information

Item Type
Penulis
Wilhelmina Maure - Personal Name
Student ID
1601110016
Dosen Pembimbing
TETTY SETIAWATY - 196205231988032003 - Dosen Pembimbing 1
JAKOBIS JOHANIS MESSAKH - 197406232006041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Harijono - 195607291982031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Bangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA