Skripsi
Penggunaan Pendekatan Saintifik dan Media Animasi dalam Pembelajaran tentang Hubungan Gaya dan Gerak Dilingkungan Sekitar Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Kota Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang hubungan gaya dan gerak dilingkungan sekitar menggunakan pendekatan saintifik dan media animasi.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV berjumlah 26 orang, dengan rincian 18 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pada pra siklus nilai rata-rata kelas 67,11 meningkat menjadi 70,76 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,30 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 69,23% meningkat menjadi 92,30% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 23,07%. Aktifitas siswa pada siklus I 67,01 menjadi 80,90 pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dan media animasi dalam pembelajaran hubungan gaya dan gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDI Perumnas 1 Kota Kupang.
Kata Kunci: Pendekatan saintifik, Hubungan gaya dan gerak, Hasil belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Nanci Merilin Nubatonis - Personal Name
|
Student ID |
1801140009
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86.206 Nub P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |