Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

XML

ABSTRAK

Analisis Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

(Kresensia K. Mala Pasa1, Marsi D. S Bani2, Antonius S. Hali3)
1Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, FKIP UNDANA
2,3Dosen Prodi Pendidikan Fisika, FKIP UNDANA

Keterampilan berpikir kreatif adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi abad ke-21 saat ini. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang memfasilitasi ketercapaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam keempat indikatornya yakni keterampilan berpikir lancar (fluency), luwes (flexibility), orisinil (originality) dan merinci atau elaborasi (elaboration), adalah model Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) yang dipadu dengan teknik mind map. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan instrumen penelitiannya berupa check list. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi (analysis content) dan diperoleh hasil bahwa integrasi mind map dalam PBL baik sebagai teknik pembelajaran, mekanisme pemecahan masalah secara kreatif, LKPD atau sebagai bentuk penugasan, efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), mind map, keterampilan berpikir kreatif


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701050026
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusniati H Muh Yusuf - 198301072008122003 - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Pas A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA