Skripsi
ANALISIS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 ADONARA TIMUR
XMLPenelitian tentang Analisis Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 1 Adonara Timur dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas soal UAS ganjil mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Adonara Timur dan juga untuk mengetahui presentase soal HOTS. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Adonara Timur yang beralamat di jalan Trans Adonara pada tanggal 01 April 2022sampai dengan 11 April 2022. Prosedur pengumpulan instrumen tes di sekolah dilakukan menggunakan teknik wawancara dan dokementasi. Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil data tes dan lembar jawaban peserta didik dan menganalisis secara kualitatif dan kuantitatif dimana analisis kualitatif meliputi segi materi, konstruksi, dan bahasa yang dilakukan oleh validator ahli sedangkan analisis kuantitatif meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas, dan efektifitas pengecoh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar validasi. Populasi dalam penelitian adalah kumpulan soal atau tes semua mata pelajaran UAS ganjil sedangkan sampel adalah soal tes UAS ganjil mata pelajaran biologi kelas X, XI, dan XII.Hasil penelitian menunjukan bahwa soal UAS ganjil tahun ajaran 2019/2020 dan 2020/2021 Kelas X, XI dan XII secara kualitatif dari segi materi, konstruksi, dan bahasa menurut hasil validasi tiga validator dikategorikan dalam kriteria baik. Sedangkan presentase soal HOTS tahun ajaran 2019/2020 kelas X: 10%, kelas XI: 16,67%, kelas XII: 32,5%. Tahun ajaran 2020/2021 kelas X: 3%, kelas XI: 0%, kelas XII: 22,86%. Kemudian secara kuantitatif (1) tingkat kesukaran kelas X: 36 mudah, 4 sedang, 0 sukar. Kelas XI: 28 mudah, 2 sedang, 0 sukar. Kelas XII: 35 mudah, 5 sedang, 0 sukar. Sedangkan tahun ajaran 2020/2021 kelas X: 5 mudah, 19 sedang, 6 sukar Kelas XI: 1 mudah, 10 sedang, 14 sukar. Kelas XII: 0 mudah, 10 sedang, 25 sukar. (2) daya pembeda tahun ajaran 2019/2020 kelas X: 1 tidak baik, 5 jelek, 21 cukup, 12 baik, 0 baik sekali. Kelas XI: 0 tidak baik, 8 jelek, 11 cukup, 11 baik, 0 baik sekali. Kelas XII: 3 tidak baik, 8 jelek, 15 cukup, 14 baik, 0 baik sekali. Sedangkan tahun ajaran 2020/2021 kelas X: 2 tidak baik, 2 jelek, 8 cukup, 8 baik, 10 baik sekali. Kelas XI: 0 tidak baik, 3 jelek, 9 cukup, 12 baik, 1 baik sekali. Kelas XII: 2 tidak baik, 17 jelek, 8 cukup, 7 baik, 1 baik sekali. (3) Validitas tahun ajaran 2019/2020 kelas X: 34 valid, 6 tidak valid. Kelas XI: 23 valid, 7 tidak valid. Kelas XII: 26 valid, 14 tidak valid. Sedangkan tahun ajaran 2020/2021 kelas X: 26 valid, 4 tidak valid. Kelas XI: 21 valid, 4 tidak valid. Kelas XII: 12 valid, 23 tidak valid. (4) Reliabilitas tinggi pada tahun ajaran 2019/2020 sedangkan tahun ajaran 2020/2021, reliabilitas tinggi pada kelas X dan XI sedangkan kelas XII reliabilitas rendah. (5) efektifitas pengecoh tidak berfungsi sama sekali baik pada tahun ajaran 2019/2020 maupun 2020/2021.
Kata kunci: analisis butir soal, kualitatif, kuantitatif, UAS biologi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Fransiska S. Herin Samon - Personal Name
|
Student ID |
1701040049
|
Dosen Pembimbing |
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1 MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 SAM A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |