Penggunaan Metode Eksperimen Pada Tema 5 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Gmit Tuafutu

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Metode Eksperimen Pada Tema 5 Subtema 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Gmit Tuafutu

XML

Tujuan penelitian ini adalah meningkatan hasil belajar tentang Tema 5 Subtema 1 dengan menggunakan metode eksperimen bagi siswa kelas IV SD GMIT Tuafutu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di SD GMIT Tuafutu. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yaitu pada Mei sampai Juni. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 siswa yang tuntas pada siklus 1 terdapat 13 (61,90%) karena mampu mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dengan baik, mampu bereksperimen, mampu menentukan hasil dari percobaan serta mampu mengerjakan soal evaluasi. Sedangkan tidak tuntas terdapat 8 siswa (38,10%) karena siswa belum aktif dalam pembelajaran, belum mampu bereksperimen dan belum mampu menyelesaikan soal evaluasi. Selanjutnya siklus II, dari 21 siswa yang tuntas sebanyak 21 (100%) karena sama seperti pada siklus 1, siswa sudah mampu memperhatikan dan melakukan eksperimen dengan baik dan siswa pun dapat menjawab soal evaluasi dengan tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tentang tema 5 subtema 1 apabila pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswanya akan meningkat.
Kata kunci: Metode Eksperimen, Pahlawanku, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801140007
Dosen Pembimbing
SILVESTER TENA - 197412312000121001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ban P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA