Kajian Geometri Fraktal dan Aplikasinya menggunakan Software JBatik

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Geometri Fraktal dan Aplikasinya menggunakan Software JBatik

XML

Keberadaan geometri fraktal menunjukan bahwa matematika bukanlah subjek yang kering dan datar, tetapi merupakan suatu subjek yang indah dan dapat menghasilkan karya-karya yang memiliki citra seni dan nilai intelektualitas yang tinggi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menjelaskan struktur geometri fraktal sebagai kajian geometri non Euclid dan menjelaskan penggunaan software JBatik dalam geometri fraktal.
Metode dalam penulisan ini adalah metode kajian pustaka yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan artikel/jurnal. Basis data sumber pustaka yang digunakan adalah Google Scholar dan Research Gate. Setelah data terkumpulkan, penulis menganalisis temuan-temuan tersebut dan menyajikan implikasi dalam kegiatan pembelajaran serta rekomendasi lebih lanjut terkait Geometri Fraktal dan aplikasi JBatik.
Hasil kajian menunjukkan bahwa objek-objek yang terkandung dalam struktur geometri fraktal memiliki kemiripan dengan objek-objek yang terkandung dalam geometri non Euclid. Ciri khas dari fraktal yakni bentuk, pola dan skala menunjukankan bahwa struktur geometri fraktal terdiri dari bagian-bagian yang mempunyai kemiripan dengan dirinya sendiri pada setiap skala. Ini artinya struktur geometri fraktal mempunyai detail yang signifikan sekalipun pada bentuk yang tidak beraturan, tetap dapat terlihat dalam skala berapapun. Pola batik yang sudah diterjemahkan dalam rumus fraktal dapat dimodifikasi dengan bantuan teknologi komputer yakni aplikasi JBatik sehingga menghasilkan desain pola baru yang sangat beragam dan juga unik.
Kata Kunci : Fraktal, Geometri, JBatik


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601030003
Dosen Pembimbing
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Amu K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA