PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 KUPANG

XML

Skripsi oleh Tini Susanti Nesimnasi, PGSD 2022, NIM 1801140010 dengan judul “peningkatan hasil belajar siswa tentang tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 melalui pendekatan saintifik di kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 melalui pendekatan saintifik di kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 melalui pendekatan saintifik di kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 21 orang dengan rincian 14 laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan langkah-langkah pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,28 meningkat menjadi 87,14 pada siklus II dengan peningkatan rata-rata dari siklus I ke Siklus II sebesar 17,86. Presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 61,90% meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan peningkatan presentase 38,09%. Aktivitas siswa pada siklus I 66,33 menjadi 81,67 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 15,34. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 2 tentang perpindahan panas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2 Kupang.
Kata kunci: Hasil Belajar, panas dan perpindahannya, Pendekatan Saintifik


Detail Information

Item Type
Penulis
Tini Susanti Nesimnasi - Personal Name
Student ID
1801140010
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota, S.Pd, M.Pd - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Nes P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA