Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ( Studi Kasus Di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat)

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pengembangan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat ( Studi Kasus Di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (studi kasus di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat). Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber. Teori yang digunakan dalam penelitian mengenai strategi pengembangan badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (studi kasus di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat) adalah teori tahapan manajemen strategi Wheelen dan Hunger (2003).
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan badan usaha milik desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat (studi kasus di Desa Pacar, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat) dipengaruhi oleh indikator-indikator penting yaitu kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman. Kekuatan yang dimiliki oleh BUMDes Pacar adalah BUMDes Pacar memiliki tujuan yang
jelas, memiliki program yang jelas seperti jasa sewa kursi beserta kain dan pasar desa,penetapan tugas dan wewenang sesuai dengan keahlian masing-masing anggota kelompok serta mengawasi dan meninjau kembali geraknya organisasi sesuai dengan tujuan atau tidak. Kelemahan yang dimiliki BUMDes Pacar, BUMDes Pacar belum mampu merealisasikan tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, program yang sedang dijalankan belum melihat potensi yang ada di desa Pacar dan melihat kreatifitas yang ada pada masyarakat, pada penetapan tugas dan wewenang masih banyak kekurangan badan pengurus BUMDes sehingga terjadinya tumpang tindih dalam penyelesaikan tugas dan tidak adanya laporan hasil kerja BUMDes yang berkaitan pemasukan dan pengeluaran BUMDes. Peluang yang ada di BUMDes Pacar mempunyai dana yang dibersumber dari dana desa pada saat pembentukan awal BUMDes dan memiliki payung hukum yaitu peraturan pemerintah yang digunakan sebagai acuan untuk mengatur pengelolaan BUMDes yaitu permendes NO. 4 Tahun 2015 Tetang Pendirian, Pengurusan Dan Pengelolaan Dan Pembubaran BUMDes. Ancaman yang mempengaruhi pengelolaan BUMDes dimana kondisi sumber daya manusia yang rendah.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1703010220
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Agu V
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA