Skripsi
Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Xi Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia
XMLRumusan masalah penelitian : Bagaimana Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Research And Developmen (R&D), dengan subjek uji coba adalah ahli materi, ahli media, ahli praktisi pembelajaran yaitu guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam penggunaan media video pembelajaran materi sistem pernapasan pada manusia. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dokumentasi dan angket dan dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan penilaian praktikalitas Media Video Pembelajaran pada uji coba kelompok kecil dengan 7 orang siswa mendapat nilai akhir 2.910 masuk dalam rentang nilai 2,50-3,5o dengan kategori Valid ketika digunakan dalam pembelajaran, selanjutnya di lanjutkan pada uji coba kelompok besar dengan 21 orang siswa mendapat nilai akhir 3,66 dalam rentang nilai 3,50-4,00 dengan kategori sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan layak digunakan sebagai media untuk membantu guru dalam proses pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci : Pengembangan Media Video, Aktivitas Belajar Siswa
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
CHARLES PAULUS DOI - Personal Name
|
Student ID |
1701040135
|
Dosen Pembimbing |
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 DOI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |