Skripsi
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA MENENU TENUN BATULOLONG SUKU ABUI KABUPATEN ALOR DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
XMLKebudayaan memiliki konsep yang berkaitan dengan pembelajaran matematika berdasarkan pola tingkah laku kelompok masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas menenun kain adat Batulolong suku Abui Kabupaten Alor dan integrasinya dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Alor, dengan narasumber sebanyak 5 orang penenun. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti sebagai instrumen utama yang berperan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan keabsaan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas menenun kain adat Batulolong suku Abui Kabupaten Alor. Pada aktivitas menghitung (counting) terdapat konsep perkalian, aktivitas mengukur (measuring) terdapat konsep satuan tidak baku, aktivitas merancang (desaigning) terdapat konsep geometri, pola bilangan, himpunan, dan kombinasi. Dengan demikian konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya menenun kain adat Batulolong ini dapat dikembangkan dengan merancang sebuah perangkat pembelajaran yang bersesuaian, sehingga memberi inovasi baru dalam pembelajaran matematika di sekolah.
Kata Kunci: Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
FEBRIANI DEBORA MAIMA - Personal Name
|
Student ID |
1601030057
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Ketua Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 MAI E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |