EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA MENENU TENUN BATULOLONG SUKU ABUI KABUPATEN ALOR DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Detail Cantuman

Skripsi

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA MENENU TENUN BATULOLONG SUKU ABUI KABUPATEN ALOR DAN INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

XML

Kebudayaan memiliki konsep yang berkaitan dengan pembelajaran matematika berdasarkan pola tingkah laku kelompok masyarakatnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan etnomatematika pada aktivitas menenun kain adat Batulolong suku Abui Kabupaten Alor dan integrasinya dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Alor, dengan narasumber sebanyak 5 orang penenun. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif eksploratif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti sebagai instrumen utama yang berperan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan keabsaan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas menenun kain adat Batulolong suku Abui Kabupaten Alor. Pada aktivitas menghitung (counting) terdapat konsep perkalian, aktivitas mengukur (measuring) terdapat konsep satuan tidak baku, aktivitas merancang (desaigning) terdapat konsep geometri, pola bilangan, himpunan, dan kombinasi. Dengan demikian konsep-konsep matematika sekolah dalam budaya menenun kain adat Batulolong ini dapat dikembangkan dengan merancang sebuah perangkat pembelajaran yang bersesuaian, sehingga memberi inovasi baru dalam pembelajaran matematika di sekolah.

Kata Kunci: Budaya, Etnomatematika, Pembelajaran Matematika


Detail Information

Item Type
Penulis
FEBRIANI DEBORA MAIMA - Personal Name
Student ID
1601030057
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Ketua Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 MAI E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA