Implikasi dari Kebijakan Tata Ruang Terhadap Sektor Informal di Kota Kupang (Studi Kasus di Kelurahan Lahi Lai Bissi Kopan Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Implikasi dari Kebijakan Tata Ruang Terhadap Sektor Informal di Kota Kupang (Studi Kasus di Kelurahan Lahi Lai Bissi Kopan Kota Kupang)

XML

ABSTRAK

ANGGIYANTI NAHAK, Skripsi 2021 berjudul “ Implikasi Dari Kebijakan Tata Ruang Terhadap Sektor Informal Di Kota Kupang (Studi Kasus Di Kelurahan Lahi Lai Bissi Kopan Kota Kupang). Dibimbing oleh Laurensius Sayrani dan Made Andayana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi dari kebijakan tata ruang di Kota Kupang dan implikasinya terhadap keberadaan sektor informal (PKL) di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teori pendekatan sosio-spasial dari Henri Lefebvre (1991) yang mengelaborasi ruang dari perspektif Marxian (dalam Aminah, 2015) Pendekatan sosio-spasial memandang keterlibatan pemerintah dengan kepentingan serta kemauan politiknya sebagai cara memacu pertumbuhan dan sekaligus sebagai instrumen perubahan kota. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 7 orang PKL dan Lurah LLBK. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan pemerintah dalam mengatur tata ruang yang ada di Kota Kupang telah menetapkan kebijakan dalam bentuk Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota Kupang dan Peraturan Daerah Nomor 56 Tahun 2002 Tentang Pengaturan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima di Kota Kupang. Implementasi dari kebijakan tersebut kemudian berimplikasi terhadap keberadaan sektor informal di Kota Kupang terkhusus di kelurahan Lahi Lai Bissi Kopan. Kelurahan LLBK adalah salah satu kawasan dari Bagian Wilayah Kota yang difokuskan untuk kegiatan perdagangan dan jasa untuk itu perlu di perhatikan penataan ruang di wilayah tersebut. Dalam penelitian ini penulis memaparkan dua aspek yang penting bagi kemajuan pembangunan di Kota Kupang yaitu aspek ekonomi dan sosial.
Kata Kunci : Implikasi, Kebijakan, Tata Ruang, Sektor Informal


Detail Information

Item Type
Penulis
Anggiyanti Nahak - Personal Name
Student ID
1703010168
Dosen Pembimbing
LAURENSIUS P SAYRANI - 197802052006041001 - Dosen Pembimbing 1
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Penguji 1
Laurensius P Sayrani - 197802052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 Nah I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA