PERAN GURU DALAM PEMILIHAN STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI CALISTUNG SISWA DI SD GMIT OELPUAH KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PERAN GURU DALAM PEMILIHAN STRATEGI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI CALISTUNG SISWA DI SD GMIT OELPUAH KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi ini berjudul “Peran Guru dalam pemilihan Strategi Untuk
Mengembangkan Kemampuan Literasi Calistung Siswa Di SD GMIT Oelpuah Kabupaten
Kupang”. Dengan rumusan masalah yakni bagaimana peran guru dalam pemilihan
strategi untuk mengembangkan kemampuan literasi calistung siswa di SD GMIT Oelpuah
Kabupaten Kupang. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan kegiatan-kegiatan (strategi)
yang digunakan guru untuk mengembangkan kemampuan literasi calistung siswa di SD
GMIT Oelpuah Kabupaten Kupang. Metode dalam penulisan skripsi ini yakni
menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumen.
Penelitian dilakukan di SD GMIT Oelpuah dengan hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kemampuan literasi
calistung adalah guru menanamkan nilai-nilai karakter yang baik, penerapan sikap
tanggung jawab dan disiplin. 2) Peran guru sebagai pengajar dalam meningkatkan
kemampuan literasi calistung adalah guru membuat pembelajaran yang menyenangkan
dengan strategi bermain peran dan bercerita menggunakan media kartu huruf/angka, teks
cerita dan sumber belajar yang menarik dengan menggunakan benda konkret disesuaikan
dengan kemampuan dan tingkat perkembangan siswa serta materi pembelajaran. 3) Peran
guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan literasi calistung adalah guru
melakukan bimbingan khusus dengan kegiatan literasi calistung selama 10 sampai 15
menit sebelum pembelajaran. 4) Peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan
kemampuan literasi calistung adalah guru memberikan tugas berhitung, merangkum dan
menjawab pertanyaan selanjutnya masing- masing siswa maju untuk membaca hasil
penulisannya.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam
pemilihan strategi untuk mengembangkan kemampuan literasi calistung siswa di SD
GMIT Oelpuah di mulai dengan upaya diagnosa atau analisis kesulitan belajar calistung
siswa kemudian melakukan penanggulangan yang tepat sesuai dengan masalah yang
ditemukan pada siswa yang berkesulitan belajar calistung. Peran guru dituntut harus lebih
kratif dalam mempersiapkan baik, strategi, media maupun materi pembelajaran. Selain
peran guru, peran semua stakeholder lainnya di sekolah harus berusaha memenuhi
kebutuhan belajar siswa baik fasilitas, alat belajar termasuk buku-buku perpustakaan
baik buku pelajaran atau buku bacaan yang dapat menunjang belajar siswa.
Kata Kunci: Peran, Strategi Guru, Literasi Calistung.


Detail Information

Item Type
Penulis
Novita Tipnoni - Personal Name
Student ID
1701140134
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tip P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA