SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Detail Cantuman

Skripsi

SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

XML

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan scaffolding dalam pembelajaran aljabar di sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku dan artikel/jurnal.
Dalam pembelajaran matematika, siswa sering mengalami kesulitan dalam proses belajar. Begitu pula dalam belajar aljabar di sekolah menengah pertama. Terdapat dua macam kesalahan dalam aljabar yang sering dialami siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. Kesalahan konseptual meliputi kesalahan dalam memahami makna soal dan kesalahan dalam memahami konsep soal. Sedangkan kesalahan prosedural meliputi kesalahan dalam menuliskan langkah dan kesalahan dalam perhitungan. Kesalahan ini diakibatkan oleh jarak antara tingkat perkembangan aktual sebagaimana ditentukan oleh pemecahan masalah independen dan tingkat pengembangan potensial sebagaimana ditentukan melalui pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasi dengan teman-teman yang lebih mampu(zone of proksimal development) terlalu besar atau jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, guru dapat menerapkan scaffolding dalam proses pembelajaran. Terdapat beberapa tingkatan atau level scaffolding yang perlu di perhatikan dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran aljabar yaitu: scaffolding level 1 (environmental provisions), scaffolding level 2 (explaining, reviewing, and restructuring), dan scaffolding level 3 (developing conceptual thinking). Namun uru harus merencanakan scaffolding sebelum memulai pembelajaran dengan cara menyiapkan rancangan pembelajaran berdasarkan langkah scaffolding dan menganalisis hambatan belajar serta bantuan yang harus diberikan untuk hambatan tersebut. Guru juga harus mengetahui ZPD masing-masing siswa karena pemberian scaffolding disesuiakan dengan ZPD dari masing-masing siswa tersebut.
Kata Kunci : Pembelajaran Aljabar, zone of proksimal development dan scaffolding


Detail Information

Item Type
Penulis
ADOLFUS TEFA - Personal Name
Student ID
1601030019
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Dr. Wara Sabon Dominikus, M.Sc - 19670804 199303 1 003 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 tef s
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA