Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kupang

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui alasan pentingnya penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Kupang (2) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PPKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Kupang (3) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI di SMA Negeri 7 Kupang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran PPKn dapat menciptakan interaksi yang dinamis antara guru dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan siswa sehingga proses belajar mengajar jadi lebih interaktif. Langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang mudah diaplikasikan oleh guru membuat siswa lebih mudah menerima materi yang diberikan sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang menjadi orientasi dari proses belajar mengajar. Siswa menjadi pembelajar yang mandiri dan independen karena sumber belajar tidak hanya dari guru sehingga siswa memiliki kemampuan mempelajari peran orang dewasa untuk bertanggungjawab dan keterampilan mengatasi masalah sehingga meningkatkan hasil belajar PPKn Siswa Kelas XI SMA N 7 Kupang.


Kata Kunci :Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil BelajarSiswa, PPKn

ABSTRACT

Lakabela, Randy Susanto. 2018 "Implementation of Problem Based Learning Models in PPKn Subjects to Improve Learning Outcomes of Class XI Students in Kupang 7 High Schools" (Dr. Dorcas Langgar, M.Pd as first mentor and Drs. Hendrikus Pous, M.Si as mentor II) .
The objectives of this study are (1) to find out the reasons for the importance of implementing problem based learning models in PPKn subjects to improve learning outcomes of Class XI students at Kupang 7th Senior High School (2) to find out the steps in implementing problem-based learning models in subjects PPKn to improve learning outcomes of Class XI students at Kupang 7 Public High School (3) To find out the application of problem based learning models in PPKn subjects can improve the learning outcomes of Class XI students at Kupang 7th Senior High School.
The method used in this study is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used in this study were interview techniques, observation and documentation studies. The data analysis technique used is descriptive analysis.
The results of this study indicate that the application of problem-based learning models in PPKn subjects can create dynamic interactions between teachers and students, students with teachers and students and students so that the teaching and learning process becomes more interactive. The steps in implementing a problem-based learning model that is easily applied by the teacher make it easier for students to receive the material provided so that it makes it easier for students to solve problems that are the orientation of the teaching and learning process so students are trained. Students become independent and independent learners because the source of learning is not only from the teacher so students have the ability to learn the role of adults to be responsible and problem solving skills so as to improve the learning outcomes of PPKn Class XI Students of SMA N 7 Kupang.

Keywords: Problem Based Learning, Student Learning Outcomes, PPKn


Detail Information

Item Type
Penulis
Randy Susanto Lakabela - Personal Name
Student ID
1101071035
Dosen Pembimbing
Hendrikus Pous - 19600809198601002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrikus Pous - 19600809198601002 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
Soleman Bully - 195012131976031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 LAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA