Upaya Guru Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Pemahaman Melalui Metode Pqrst Siswa Kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Pemahaman Melalui Metode Pqrst Siswa Kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan literasi membaca pemahaman melalui metode PQRST siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Perolehan data diolah kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap 21 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 11 orang laki-laki sebagai subjek penelitian. Berdasarkan perolehan data prasiklus, terdapat 4 orang siswa (19,05%) tuntas dan sebanyak 17 orang siswa (80,95%) tidak tuntas sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus I dan memperoleh hasil sebanyak 7 orang siswa (33,33 %) tuntas karena fokus dan aktif dalam pembelajaran sedangkan sebanyak 14 orang siswa (66,67%) tidak tuntas karena guru belum mampu mengelolah pembelajaran dengan baik, siswa kurang aktif dan belum mencapai aspek-aspek dalam literasi membaca pemahaman. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 orang siswa (95,24%) tuntas dan sudah melebihi kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu 80%, namun masih terdapat 1 orang siswa yang belum tuntas pada siklus II karena belum bisa mencapai aspek-aspek dalam literasi membaca pemahaman sehingga perlu adanya solusi dari guru untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan melakukan pendekatan lebih kepada siswa dan orang tua siswa. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa upaya guru dengan menerapkan metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang.
Kata kunci: metode PQRST, literasi membaca pemahaman


Detail Information

Item Type
Penulis
Yelista Febrina Moa - Personal Name
Student ID
1801140018
Dosen Pembimbing
SARAH NURHABIBAH,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Moa U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA