Skripsi
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Pemahaman Melalui Metode Pqrst Siswa Kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan literasi membaca pemahaman melalui metode PQRST siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Perolehan data diolah kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif terhadap 21 orang siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 11 orang laki-laki sebagai subjek penelitian. Berdasarkan perolehan data prasiklus, terdapat 4 orang siswa (19,05%) tuntas dan sebanyak 17 orang siswa (80,95%) tidak tuntas sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus I dan memperoleh hasil sebanyak 7 orang siswa (33,33 %) tuntas karena fokus dan aktif dalam pembelajaran sedangkan sebanyak 14 orang siswa (66,67%) tidak tuntas karena guru belum mampu mengelolah pembelajaran dengan baik, siswa kurang aktif dan belum mencapai aspek-aspek dalam literasi membaca pemahaman. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 20 orang siswa (95,24%) tuntas dan sudah melebihi kriteria ketuntasan yang ditentukan yaitu 80%, namun masih terdapat 1 orang siswa yang belum tuntas pada siklus II karena belum bisa mencapai aspek-aspek dalam literasi membaca pemahaman sehingga perlu adanya solusi dari guru untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan melakukan pendekatan lebih kepada siswa dan orang tua siswa. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa upaya guru dengan menerapkan metode PQRST dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca pemahaman siswa kelas V SDK Don Bosko 4 Kupang.
Kata kunci: metode PQRST, literasi membaca pemahaman
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yelista Febrina Moa - Personal Name
|
Student ID |
1801140018
|
Dosen Pembimbing |
SARAH NURHABIBAH,M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1 Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Moa U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |