Skripsi
PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAMPenggunaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tentang Giat Berusaha Meraih Cita-Cita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Gmit Oetefu Besar Kabupaten Kupang PEMBELAJARAN TENTANG GIAT BERUSAHA MERAIH CITA-CITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD GMIT OETEFU BESAR KABUPATEN KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang giat berusaha meraih cita-cita melalui pendekatan saintifik di kelas IV SD GMIT Oetefu Besar Kecamatan Semau Selatan Kabupaten Kupang. Pembimbing (I) Dr. Taty R. Koroh, S.Pd.,M.Pd, (II) Maxsel Koro, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes sedangkan subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SDG Oetefu Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa pada pembelajaran tentang giat berusaha meraih cita-cita. Hal ini dibuktikan dengan keaktifan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus ke siklus di mana persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus I sebesar 63,71% dan pada siklus II dengan rata-rata 86,33% dan observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata sebesar 68,75% dan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 82,81%. Kemudian, pada hasil belajar siswa mengalami kemajuan yang positif dari siklus I sampai siklus II, dimana siklus I diperoleh rata-rata kelas 71,65 dengan ketuntasan belajar 75% dan siklus II rata-rata kelas 82 adanya peningkatan presentase ketuntasan menjadi 100%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tentang giat berusaha meraih cita-cita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDG Oetefu besar.
Kata kunci : Pendekatan Saintifik ,Giat Berusaha Meraih Cita-cita, dan Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ELISABETH NENOBISI - Personal Name
|
Student ID |
1701140041
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Maxel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Maksel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 NEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |