Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Alternatif Melalui Model Student Teams Achievement Divisions Di Kelas IV SDK Don Bosko 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Energi Alternatif Melalui Model Student Teams Achievement Divisions Di Kelas IV SDK Don Bosko 4 Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Student Teams Achievement Divisions di Kelas IV SDK Don Bosko 4 Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Subjek dari penelitian siswa kelas IV SDK Don Bokso 4 Kupang yang berjumlah 10 orang. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang energi alternatif melalui model Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase ketuntasan observasi guru pada siklus I sebesar 73,20% termasuk dalam kategori baik (B), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,59% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 50% termasuk dalam kategori kurang (K) dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berkaitan dengan tes hasil belajar di siklus I frekuensi siswa yang tuntas 5 orang dengan persentase 50% termasuk dalam kategori kurang (K) dan di siklus II mengalami peningkatan dengan frekuensi siswa yang tuntas 10 orang dengan persentase 100% termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang energi alternatif melalui model Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang pada siklus II yaitu 100% dengan demikian pembelajaran melalui model Student Teams Achievement Divisions sangat efektif.
Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Elisabet Beloyo Watun - Personal Name
Student ID
1801140073
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Netty E.A. Nawa - - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wat P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA