Analisis Dampak Pembangunan Pos Lintas Batas Negara Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pos Lintas Batas Negara Motamasin, Kabupaten Malaka Kecamatan Kobalima Timur Desa Alas Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Dampak Pembangunan Pos Lintas Batas Negara Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pos Lintas Batas Negara Motamasin, Kabupaten Malaka Kecamatan Kobalima Timur Desa Alas Selatan)

XML

Analisis Dampak Pembangunan Pos Lintas Batas Negara Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Pos Lintas Batas Negara Motamasin, Kabupaten Malaka Kecamatan Kobalima Timur Desa Alas Selatan). Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan cerminan komitmen pemerintah untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan. Dengan wajah dan pelayanan baru yang lebih baik, PLBN dibangun sebagai representasi kemajuan Indonesia di kawasan perbatasan. pengembangan PLBN tidak hanya menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia sebagai bangsa besar, tetapi yang terpenting sekali adalah fungsi pertahanan keamanan dan sekaligus sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembangunan PLBN Motamasin terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Alas Selatan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan informan yang terdiri dari pemerintah setempat, kepala bidang pengelola perbatasan, dan masyarakat Desa Alas Selatan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan PLBN Motamasin membawa dampak postif terhadap, 1).lingkungan, yaitu masyarakat sekitar tidak kekurangan air bersih, penerangan mulai membaik, dan lokasi sekitar mulai terbuka.2).ekonomi masyarakat yaitu terciptanya lapangan pekerjaan, serta peluang bagi masyarakat untuk membuka usaha baru seperti membuka kios dan rumah makan.3). interaksi sosial masyarakat, dimana adanya persaingan antar masyarakat namun, masyarakat tetap menjaga keharmonisan dan kekerabatan serta melakukan gotong royong bersama.4). Keamanan di perbatasan mulai meningkat sehingga masyarakat bisa hidup aman dan terbebas dari rasa takut. Adapula faktor yang mendukung pembangunan PLBN terhadap peningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan yaitu, adanya pasar perbatasan. sementara faktor penghambatnya adalah Rendahnya Kualitas Sumber Daya Manusia dalam berwirausaha serta modal untuk membuka usaha di pasar perbatasan sehingga masyarakat tidak memanfaatkan potensi hadirnya PLBN Motamasin.


Detail Information

Item Type
Penulis
ISABELA KRISTA MEIT - Personal Name
Student ID
1803040087
Dosen Pembimbing
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Ketua Penguji
YEFTHA SABAAT - 198905062019031003 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Mei I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA