Fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat Dan Pemeliharaan Ketertiban Masyarakat (Studi Tentang Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat di Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat Dan Pemeliharaan Ketertiban Masyarakat (Studi Tentang Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat di Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur)

XML

ABSTRAK
Fransiskus Kemusi Dosi, Fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat dan Pemeliharaan Ketertiban Masyarakat (Studi Tentang Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat di Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur). Dibimbing Oleh: Josef Mario Monteiro dan Rafael Rape Tupen. Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan pada tingkat Kelurahan atau Desa Pemerintah Daerah membentuk suatu organisasi yakni Satuan Perlindungan Masyarakat atau biasa di sebut dengan Satlinmas. Satlinmas adalah Organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa/Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah realitas ketertiban dan keamanan di Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur? (2) Bagaimanakah Fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Pemeliharaan Ketertiban dan Keamanan di Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur? Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yang didukung dengan penelitian hukum yuridis empiris. Penelitian hukum normatif yakni penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka, dan penelitian hukum yuridis empiris yakni penelitian yang dilakukan dengan melihan kesesuaian antara pelaksanaan Tugas dan fungsi Satlinmas dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Serta Perlindungan Masyarakat dengan realita dilapangan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Realitas ketertiban dan keamanan di Kecamatan Adonara Timur, masih banyak terjadinya kasus-kasus tawuran antar warga dan kasus pencurian yang meresahkan masyarakat. (2) Fungsi satuan perlindungan masyarakat dalam pemeliharan ketertiban dan keamanan di Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur tidak terlaksana dengan baik. Satlinmas hanya menjalankan tugas dan fungsinya pada saat penyelenggaraan Pemilu. Penanganaan ketertiban dan keamanan di Kecamanatan Adonara Timur harus melibatkan semua pihak yakni masyarakat, tokoh-tokoh adat, pihak penegak hukum baik Porli, TNI, Satpol PP maupun Satlinmas dalam upaya memberantas segalah permasalahan atau kasus-kasus yang terjadi. Pemerintah pusat harus menambah anggaran untuk oprasional Satuan Perlindungan Masyarakat pada tingkat Desa/Kelurahan agar pelaksanaan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat dapat berjalan dengan lancar. Kata Kunci: Fungsi, Satlinmas, Pemeliharaan, Ketertiban, Keamanan


Detail Information

Item Type
Penulis
Fransiskus Kemusi Dosi - Personal Name
Student ID
1802010085
Dosen Pembimbing
JOSEF MARIO MONTEIRO - 197505202006041001 - Dosen Pembimbing 1
RAFAEL R TUPEN - 196404201992031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Josef Mario Monteiro - 197505202006041001 - Ketua Penguji
Rafael R Tupen - 196404201992031001 - Penguji 1
Kotan Y Stefanus - 196012271987021001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Dos F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA