Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Melatih Kemampuan Siswa Kelas VIII J Smpn 8 Kupang Menulis Teks Eksplanasi
XMLTujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui PenerapanModel Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam melatih Kemampuan siswa kelas VIII J SMPNegeri 8 Kupang Menulis Teks Eksplanasi. Teori yang digunanakan dalam penelitian iniadalah teori menulis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitianini adalah siswa kelas VIII-J SMPN 8 kupang yang berjumlah 26 siswa. Berdasarkan analisisdata dari hasil kerja setiap kelompok dalam menulis teks eksplanasi denganmenggunakan model tutor sebaya aspek yang dinilai ada dua yaitu aspek struktur dankaidah kebahasaan. Dari kedua aspek diatas, dari hasil penelitian kelompok 1memperoleh nilai 79, kelompok2 memperoleh nilai 76, jelompok 3 memperoleh nilai 60,kelompok 4 memperoleh nilai 72 dan kelompok 5 memperoleh nilai 75, nilai rata-rata darikelompok 1 sampai kelompok 5 adalah 73. Berdasarkan kriteria ketuntasan minimal(KKM) kelas 8 matapelajaran Bahasa Indonesia adalah 70. Dapat disimpulkan kelas VIII-Jdalam kemampuan menulis teks eksplanasi menggunakan model tutor sebaya dinyatakantuntas.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA BERNADET MBUAMBA PIHU - Personal Name
|
Student ID |
1801010106
|
Dosen Pembimbing |
LABU DJULI - 196207031990031002 - Dosen Pembimbing 1
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1 Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
88201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
882.01 PIH P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |