Persepsi Pengguna Belanja Online Melalui Aplikasi Shopee Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Pengguna Belanja Online Melalui Aplikasi Shopee Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang)

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang belanja online melalui aplikasi Shopee dan juga kelebihan serta kekurangan dari belanja online melalui aplikasi Shopee selama pandemi Covid 19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan adalah studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi yang timbul dalam masyarakat pengguna aplikasi Shopee dilihat dari proses persepsi yang diterapkan kedalam strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) yang terdiri dari Product, Price, Place dan Promotion. Persepsi masyarakat terhadap produk (product) dilihat dari gambar atau foto yang ditampilkan dan juga review yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Persepsi masyarakat terhadap harga (price) dilihat dari harga yang ditawarkan kemudian dibandingkan dengan harga dari toko yang lain. Persepsi masyarakat terhadap tempat (place) dilihat dari lokasi toko dikarenakan jauh dekatnya toko dapat berpengaruh terhadap lamanya pengiriman dan ongkos kirim yang diberikan. Sedangkan persepsi masyarakat terhadap promosi (promotion) dilihat dari promosi atau penawaran yang diberikan aplikasi Shopee melalui iklan-iklan yang muncul pada televisi, youtube atau aplikasi berbayar lainnya. Persepsi yang timbul juga dilihat dari kelebihan dan kekurangan yang beragam dalam aplikasi Shopee. Dapat dikatakan bahwa, kelebihan dan kekurangan yang ada dalam aplikasi Shopee sangat berpengaruh terhadap minat beli masyarakat dan dapat mempengaruhi persepsi masyarakat mengenai aplikasi Shopee. Dapat disimpulkan bahwa persepsi yang timbul pada pengguna aplikasi Shopee di Kelurahan Oebobo Kecamatan Oebobo Kota Kupang beragam dilihat dari proses persepsi dalam strategi pemasaran 4P dan kelebihan serta kekurangan yang ditawarkan oleh aplikasi Shopee.

Kata Kunci: Persepsi belanja online, aplikasi Shopee, pandemi Covid-19


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803050119
Dosen Pembimbing
Yeremia Dj. Manafe - 19700303200511001 - Dosen Pembimbing 1
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Mariana A. N. Letuna - 198408182009122002 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Elu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA