Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Ipa 2 Sman 4 Kupang
XMLPenelitiam ini menggunakan pendekatan Pre-Experimental design jenis One-Group Pretest-Posstets Design yaitu terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini melibatkan satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Penelitian diawali dengan memberikan tes awal (pretest), setelah mendapatkan hasil pretest maka siswa mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan dilaksanakan tes akhir (posttest) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa.
Setelah proses pembelajaran peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu sebelum penerapan model Problem Based Learning (nilai pretest) diperoleh rata-rata 39,39 dan Setelah menggunakan model Problem Based Learning (nilai posstest) diperoleh rata-rata 80,17. Dengan demikian dapat dinyatakan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tentang Virus di kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang.
Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ERNIE SOFIANA NETTU - Personal Name
|
Student ID |
1701040023
|
Dosen Pembimbing |
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 NET P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |