Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Ipa 2 Sman 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Ipa 2 Sman 4 Kupang

XML

Penelitiam ini menggunakan pendekatan Pre-Experimental design jenis One-Group Pretest-Posstets Design yaitu terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini melibatkan satu kelas, yaitu kelas eksperimen. Penelitian diawali dengan memberikan tes awal (pretest), setelah mendapatkan hasil pretest maka siswa mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan dilaksanakan tes akhir (posttest) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa.
Setelah proses pembelajaran peneliti mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu sebelum penerapan model Problem Based Learning (nilai pretest) diperoleh rata-rata 39,39 dan Setelah menggunakan model Problem Based Learning (nilai posstest) diperoleh rata-rata 80,17. Dengan demikian dapat dinyatakan adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa tentang Virus di kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang.

Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning


Detail Information

Item Type
Penulis
ERNIE SOFIANA NETTU - Personal Name
Student ID
1701040023
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 NET P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA