Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur.
XMLABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Leraning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Daur Hidup Hewan Pada
Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur” dengan rumusan masalah yaitu
Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem
Based learning(PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang daur hidup hewan di
kelas IV SD Negeri RiumAmarasi Timur. Dengan tujuan penelitian ini yaitu
untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model
pembelajaran Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang
daur hidup hewan pada Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur. Teknik
pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Sampel
penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri RiumAmarasi Timur yang berjumlah
10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis.
Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Rium Amarasi Timur. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur. Hal ini dibuktikan
berdasarkan analisis data hasil bahwa nilai rata rataPost-testsiswa 79 lebih tinggi
dari nilai rata-rata pre-test 39,5serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
thit= 7,77 > ttab= 1,81 adanya perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat
diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang daur hidup hewan di
kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Daur Hidup Hewan, Hasil belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yunita Mardiana Lede - Personal Name
|
Student ID |
1701140198
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 Led P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |