Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur.

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur.

XML

ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Leraning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Daur Hidup Hewan Pada
Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur” dengan rumusan masalah yaitu
Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Problem
Based learning(PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang daur hidup hewan di
kelas IV SD Negeri RiumAmarasi Timur. Dengan tujuan penelitian ini yaitu
untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan model
pembelajaran Problem Based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang
daur hidup hewan pada Kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur. Teknik
pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Sampel
penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri RiumAmarasi Timur yang berjumlah
10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis.
Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Rium Amarasi Timur. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
dengan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur. Hal ini dibuktikan
berdasarkan analisis data hasil bahwa nilai rata rataPost-testsiswa 79 lebih tinggi
dari nilai rata-rata pre-test 39,5serta hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
thit= 7,77 > ttab= 1,81 adanya perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat
diartikan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa tentang daur hidup hewan di
kelas IV SD Negeri Rium Amarasi Timur.
Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Daur Hidup Hewan, Hasil belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Yunita Mardiana Lede - Personal Name
Student ID
1701140198
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Led P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA