Skripsi
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Materi Virus Di Kelas X MIA SMA PGRI Swastika Lewoleba
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X setelah menggunakan model Problem Based Learning pada materi Virus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 17 Januari dan 24 Januari 2022 di SMA PGRI SWASTHIKA Lewoleba.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus yang terdidri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap peleksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi. Data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi peserta didik dan aktivitas peserta didik diperoleh dari lembar observasi.
Dari hasil analisis data pada siklus I , rata-rata kelas pada uji aktivitas peserta didik mencapai 2,2617 dengan presentase 75,39063% dan pada siklus II rata-rata mencapai 2,6758 dengan presentase 89,193%. Pada uji keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata mencapai 2,55 dengan presentase 85% dan pada siklus II rata-rata 2,85 dengan presentase 95%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 71,333 dengan presentase 71,333% dan pada siklus II rata-rata meningkat hingga 82,3333 dengan presentase 82,3333%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA MARISNA DIANTI SOBON - Personal Name
|
Student ID |
1701040041
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
Nikmah - 196410231990012001 - Penguji 1 PAULUS TAEK - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 SOB P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |