Penggunaan pendekatan saintifik Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Tema 6 panas dan perpindahan Subtema 1 suhu dan kalor Pembelajaran Ke-2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SDN TDM ”.

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan pendekatan saintifik Berbantuan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Tentang Tema 6 panas dan perpindahan Subtema 1 suhu dan kalor Pembelajaran Ke-2 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V SDN TDM ”.

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual pada tema 6 panas dan perpindahannya sub tema 1 suhu dan kalor pembelajaran ke 2 dikelas Vb SD NEGERI TDM.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD NEGERI TDM Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VB yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan rumus teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru jumlah skor yang diperoleh adalah 41 dengan nilai 78,84 dan mendapat kriteria baik (B) sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh dari observasi aktivitas guru adalah 46 dengan nilai 88 dan mendapat kriteria sangat baik (SB), peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II adalah 10,07. Pada observasi terhadap aktivitas siswa siklus I jumlah nilai yang diperoleh adalah 1550 dengan nilai rata-rata 65 sedangkan pada siklu II jumlah nilai yang diperoleh 1990,67 dengan nilai rata-rata 82,94. Hasil tes belajar siswa pada siklus I jumlah skor yang diperoleh 1550, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 65 dengan presentase 66,67% dimana 15 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan dan 9 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan, pada siklus II jumlah skor yang diperoleh 1935 nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80,625 dengan presentasenya 100% dimana seluruh siswa telah mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75. Presentase yang didapat dari siklus I ke siklus II yaitu 33,33%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan penggunaan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual pada tema 6 panas dan perpindahannya subtema 1 suhu dan kalor pembelajaran ke 2 dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vb SD NEGERI TDM .

Kata kunci: Pendekatan saintifik,media audio visual, Hasil Belajar,


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140133
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendididkan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA