Skripsi
Hubungan Pembelajaran Dalam Jaringan Dengan Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Di Sman 1 Kupang Tengah
XMLPandemi Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka diganti sementara dengan pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dalam jaringan yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Platform yang digunakan yaitu whatsApp dan googleclassroom. Namun, terdapat kendala yaitu ketidaksiapan guru dan siswa, jaringan internet kurang memadai, kuota internet mahal, smartphone yang tidak dimiliki oleh seluruh siswa dan kurangnya interaksi yang baik sehingga siswa kesulitan memahami materi yang dipelajari dan daya serap siswa menurun yang dapat dilihat dari nilai rapor biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan derajat hubungan antara pembelajaran dalam jaringan dengan daya serap siswa pada mata pelajaran biologi kelas X.
Jenis penelitian korelasional kuantitatif yang melibatkan kegiatan mengumpulkan data angka untuk menentukan hubungan dan derajat hubungan antara variabel yang diteliti tanpa membahas sebab-akibat. Teknik pengambilan data yaitu angket tertutup langsung, dokumentasi dan wawancara. Hubungan antara variabel penelitian dianalisis dengan rumus korelasi sederhana pearson product moment.
Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,297 dan koefisien determinasi 8,8% yang termasuk derajat hubungan yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan antara pembelajaran dalam jaringan dengan daya serap siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMAN 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Pembelajaran Dalam Jaringan, Daya Serap Siswa, Mata Pelajaran Biologi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Astri Welmin Florise Inabuy - Personal Name
|
Student ID |
1701040015
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1 Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 INA H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |