Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pkn Siswa Kelas V Sd Inpres Holotula
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) pada pembelajaran PKn untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Holotula.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Lokasi pada penelitian ini di SD Inpres Holotula Kabupaten Rote Ndao. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V.A yang terdiri 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa adalah 57,14 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48. Selisih kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 33,34. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilan dimana >80 % siswa mendapatkan nilai >70.
Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar PKN tentang Peristiwa yang mencerminkan bentuk persatuan dan kesatuan untuk membangun Kerukununan hidup pada siswa kelas V SD Inpres Holotula.
Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Wahyu Devid Mboeik - Personal Name
|
Student ID |
1701140178
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 Mbo P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |