Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sd Inpres Fafinisin Kabupaten Tts Pada Masa Pandemi Covid-19

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Bantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sd Inpres Fafinisin Kabupaten Tts Pada Masa Pandemi Covid-19

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pada model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar peserta didik di SD Inpres Fafinisin Kabupaten TTS pada masa pandemi covid-19, (2) pengaruh pada media video terhadap hasil belajar peserta didik di SD Inpres Fafinisin Kabupaten TTS pada masa pandemi covid-19.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian tipe no-nequivalent control group. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas V SD Inpres Fafinisin dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data menggunakan angket/kuisoner dan jugas Tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis meliputi uji paired sampel test dan uji Independet Sample T-test.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model Flipped Classroom dengan bantuan media video terhadap belajar peserta didik Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata pada hasil belajar kelas eksperimen dimana pretest 52.33 dan pada posttest menjadi 76.67. sehingga peningkatann rata-ratanya adalah 23.34. Peningkatan tersebut juga dapat dilihat dari signifikan pada uji t lebih kecil dari 0.05 yaitu 0,000. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model Flipped Classroom dengan bantuan media video maka hasil belajar peserta didik dapat meningka atau berasarkan kriteria penolakan H0, yaitu tolak H0 dan Ha diterima.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Media Video, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Angel Yuliani Liunokas - Personal Name
Student ID
1701140054
Dosen Pembimbing
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Ketua Penguji
Netty E.A. Nawa - - Penguji 1
Anderias Ande - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Liu P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA