Skripsi
Upaya Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur
XMLPenelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskrpsikan dan menganalisis upaya ombudsman dalam mencegah maladministrasi pelayanan publik di Provinsi NTT. Jenis penelitian dalam peneltian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan Pendekatan Kalitatif. Informan berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumen.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teori yang digunakan untuk mendeskrpsikan Upaya Pencegahan Maladministrasi Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia Di Provinsi Nusa Tenggara Timur yairu merujuk pada Peraturan Ombusman RI No. 41 Tahun 2019. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTT dalam melakukan upaya pencegahan terjadinya maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik ada dua bentuk pencegahan yaitu sebelum terjadinya maladministrasi dan sesudah terjadinya maladministrasi. Dalam pencegahan sebelum terjadinya maladministrasi pelayanan publik upaya pencegahan yang dilakukan yaitu penelusuran data dugaan maladministrasi yang kemudian dikaji, dibahas dan ditetapkan untuk menyusun laporan hasil deteksi. Laoran hasil deteksi diverifikasi serta dikaji untuk menyusun laporan hasil analisis berupa policy brief untuk membuat saran yang akan diberikan kepada penyelenggara pelayanan publik. Saran perbaikan tersebut akan diberikan ke instansi terkait. Sedangkan pencegahan yang dilakukan sesudah terjadinya maladministrasi pelayanan public yaitu hanya memberikan rekomendasi kepada instansi terkait atas hasil laporan dari masyarakat yang melapor. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu bagi Kantor Ombudsman NTT Diharapkan SDM yang lebih banyak pada bidang pencegahan karena jumlah SDM pada bidang pencegahan lebih sedikit bila dibandingkan dengan SDM pada pemeriksaan laporan dan verifikasi laporan. Bagi Ombudsman RI diharapkan mempunya aturan yang terikat atas saran yang diberikan Ombudsman perwakilan kepada instansi yang dikaji. Bagi Ombudsman Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur lebih aktif lagi dalam menelusuri masalah dugaan maladministrasi di Provinsi NTT. Sebaiknya Ombudsman Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam mengawasi pelayanan publik agar lebih maksimal lagi dalam memberikan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat tentang keberadaan Ombudsman Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur supaya masyarakat lebih tahu mengenai Ombudsman Perwakilan NTT. Dalam menangani laporan dari masyarakat sebaiknya Ombudsman RI Perwakilan NTT dalam menyelesaikan lapoaran hingga selesai sehingga berdampak baik bagi kedua bela pihak, baik itu pelapor maupun yang terlapor.
Kata kunci: Pencegahan; Maladministrasi; Ombudsman.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EFARISKA ELFRIDA DIANI - Personal Name
|
Student ID |
1803010178
|
Dosen Pembimbing |
DOMINIKUS FERNANDES - 196007191988031001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dominikus Fernandes - 196007191988031001 - Ketua Penguji
Cataryn V Adam - 196804042000032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Negara
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.01 DIA U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |