ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL BATU BATA MERAH DI DESA TANAH MERAH KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL BATU BATA MERAH DI DESA TANAH MERAH KABUPATEN KUPANG

XML

ABSTRAK
ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUK UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL BATU BATA MERAH DI DESA TANAH MERAH KABUPATEN KUPANG
OLEH
Antonius Lesu Wotan. Dibimbing oleh Dr. Pius Bumi Kellen, MM,
dan Drs. Mahmud Ahmad, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perhitungan harga pokok produk untuk penentuan harga jual batu bata merah di desa tanah merah Kabupaten Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan karakteristik masalah yang diangkat oleh peneliti, maka penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung dari pihak usaha batu bata merah seperti data hasil wawancara langsung. Data tersebut berupa informasi biaya produksi perusahan selama tahun 2018-2020. Adapun data sekunder diperoleh melalui media lain yang bersumber pada buku-buku perpustakaan atau data dari jurnal, internet dan media lain yang mendukung penelitian ini.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing dan penentuan harga jual dengan menggunakan metode mark up. Penggunaan kedua metode tersebut akan bertujuan mendapatkan hasil penelitian harga pokok produksi dalam penentuan harga jual batu bata merah. Hasil perhitungan kedua metode tersebut akan dibandingkan dan dapat digunakan untuk menghasilkan harga pokok produksi yang baik dan dapat dijadikan acuan dalam penetapan harga jual.
Terdapat perbedaan perhitungan harga pokok produksi menurut usaha bata merah dengan menggunakan metode full costing, hal ini terjadi karena perhitungan harga pokok produksi menurut usaha batu bata merah tidak memasukan semua biaya overhead pabrik dengan benar sedangkan kalau menggunakan metode full costing akan membebankan seluruh biaya overhead pabrik yang mempengaruhi proses produksi sehingga akan menghasilkan harga pokok produksi yang akurat.
Penetapan harga jual pada usaha batu bata merah dengan menggunakan metode mark up untuk menentukan harga jual dengan tingkat keuntungan 50% per batu bata. Penetapan harga jual menggunakan metode mark up dengan pendekatan full costing didasarkan pada perkiraan harga pokok produksi tahun 2020, karena perkiraan harga pokok digunakan untuk memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari harga jual yang akan ditetapkan oleh pelaku usaha batu bata merah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penentuan harga jual produk dengan menggunakan metode mark up dapat menentukan harga jual produk yang lebih tepat untuk mencapai keuntungan yang besar.

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi menggunakan metode full costing dalam penentuan harga jual dengan menggunakan metode mark up.


Detail Information

Item Type
Penulis
Antonius L. Wotan - Personal Name
Student ID
1703070014
Dosen Pembimbing
Pius Bumi Kellen - 19600903 198702 1 001 - Dosen Pembimbing 1
MAHMUD AHMAD - 196204111990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Pius Bumi Kellen, MM - 19600903 198702 1 001 - Ketua Penguji
Mahmud Ahmad - 196204111990031001 - Penguji 1
DRS. BEI MARSELINUS, MM - 196004011988101001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632,11
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA