Studi Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Pembelajaran Daring dan Luring terhadap Materi Titrasi Asam Basa di SMA Negeri 6 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Studi Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Pembelajaran Daring dan Luring terhadap Materi Titrasi Asam Basa di SMA Negeri 6 Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar siswa antara kelas daring dan luring, 2) perbedaan hasil belajar siswa antara kelas daring dan luring. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kupang sebanyak 5 kelas dengan jumlah 175 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelas daring (32 siswa) dan kelas luring (36 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket dan dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus K-R 20. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 1% dan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara kelas daring dan luring pada materi titrasi asam basa di SMA Negeri 6 Kupang. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada motivasi siswa sebesar 3,588 dan nilai ttabel dengan df 66 pada taraf signifikansi 1% sebesar 2,652. Nilai thitung > ttabel atau nilai p lebih kecil dari 0,01 (p= 0,001 < 0,01). Karena thitung > ttabel (3,588 > 2,652) sehingga hipotesis diterima; 2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas daring dan luring pada materi titrasi asam basa di SMA Negeri 6 Kupang. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada tes hasil belajar siswa sebesar 6,928 dengan df 66 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,997. Nilai thitung > ttabel dan nilai p lebih besar dari 0,05 (p= 0,357 > 0,05). Karena thitung > ttabel (6,928 > 1,997) namun nilai p lebih besar dari 0,05 (p= 0,357 > 0,05) sehingga hipotesis ditolak.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Motivasi dan Hasil Belajar, Titrasi Asam Basa


Detail Information

Item Type
Penulis
Miranda Verawati Lassa - Personal Name
Student ID
1801060021
Dosen Pembimbing
Lolita A. M. Parera, S.Si., M.PKim - - Dosen Pembimbing 1
Johnson N. Naat, S.Pd., M.Si - 19851120 200812 1 003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Ketua Penguji
Johnson N. Naat, S.Pd., M.Si - 19851120 200812 1 003 - Penguji 1
Lolita A. M. Parera S.Si., M.PKim - 19800809 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 Las S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA