Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN Oerantium

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN Oerantium

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas IV SDN Oerantium Baun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dan II. Dimana pada siklus I kemampuan membaca siswa dengan nilai rata-rata pada 60 – 100 dengan peresentase 62,25% dengan kategori Cukup yaitu17 siswa tuntas dan 7 siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II terdapat kemampuan membaca siswa dengan nilai rata-rata 60 - 100 presentasi 82,75% berada pada kategori sangat baik yaitu 22 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN Oerantium Baun.
Kata Kunci : membaca pemahaman, reciprocal teaching.


Detail Information

Item Type
Penulis
Vebrianus Manafe - Personal Name
Student ID
1701140206
Dosen Pembimbing
Sarah Nurhabibah, S.Pd., M.Pd - 19941127 201903 2 024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus M. Margareta - - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA