KAJIAN LEARNING OBSTACLE SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI TINGKAT SMP

Detail Cantuman

Skripsi

KAJIAN LEARNING OBSTACLE SISWA PADA MATERI GEOMETRI DI TINGKAT SMP

XML

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep learning obstacle, mendeskripsikan learning obstacle pada materi geometri SMP, serta menyajikan desain pembelajaran yang mampu mengatasi learning obstacle siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan berupa buku, dan artikel atau jurnal.
Berdasarkan teori-teori yang dikaji, disimpulkan bahwa learning obstacle adalah hambatan yang dialami peserta didik pada saat proses pembelajaran dimana peserta didik kesulitan memahami suatu konsep dan menentukan solusi dari masalah yang diberikan sehingga menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran dan penurunan hasil belajar. Terdapat tiga tipe learning obstacle yang dialami peserta didik dalam mempelajari materi geometri yaitu (1) ontogenic obstacle adalah hambatan yang disebabkan karena ketidaksesuaian antara pembelajaran yang diberikan dengan tingkat berpikir siswa, (2) didactic obstacle adalah hambatan yang terjadi akibat kekeliruan penyajian yang dilakukan oleh guru, (3) epistemology obetacle adalah hambatan yang disebabkan karena pemahaman siswa terhadap suatu konteks tidak utuh. Temuan dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa untuk dapat mengatasi learning obstacle siswa pada materi geometri perlu didesain pembelajaran sesuai hambatan yang dialami siswa dengan fokus pada penanaman konsep. Selain itu guru juga harus memperhatikan bahan ajar yang akan digunakan sebelum diberikan kepada siswa, jika terdapat kekurangan sebaiknya dilengkapi terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan.

Kata kunci: Learning obstacle, geometri


Detail Information

Item Type
Penulis
VETI YULITA OBENAY - Personal Name
Student ID
1601030023
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius Afrisno Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Obe K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA