Kajian Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP

XML

ABSTRAK

Kajian Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP
Oleh
Yori Fenri Ottu (1601030016); Dr. Ch. K. Ekowati, M.Si. Pembimbing I;
Dra. Juliana M. H. Nenohai, M.Pd. Pembimbing II

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep teoritik dan penerapan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan menelusuri berbagai pustaka acuan dari jurnal nasional di berbagai basis data yang ditentukan.
Hasil kajian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) merupakan pendekatan pembelajaran yang mana dalam penerapannya diawali dengan masalah-masalah yang nyata, atau yang dapat dibayangkan siswa kemudian ditarik masuk kedunia matematika. PMRI adalah suatu teori dalam pendidikan matematika di Indonesia yang di kembangkan pertama kali dinegeri Belanda oleh Profesor Hans Freudenthal yang berpendapat bahwa matematika merupakan aktivitas manusia, dengan ide utamanya adalah bahwa siswa harus diberi kesempatan untuk menemukan kembali (reinvent) ide dan konsep matematika dengan bimbingan orang dewasa (Gravemeijer, 1994). Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh para peneliti dilapangan menunjukkan bahwa PMRI dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika ditingkat SMP dengan mengutamakan keaktifan siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Kemampuan siswa selama pembelajaran dengan menggunakan PMRI terus mengalami peningkatan dan perubahan sikap siswa terhadap pembelajaran juga terus membaik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PMRI sangat efektif.

Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)


Detail Information

Item Type
Penulis
Yori Fenri Ottu - Personal Name
Student ID
1601030016
Dosen Pembimbing
KRISNANDARI EKOWATI - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc - 19651231 199203 1 027 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
pendidikan matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA