Skripsi
Penggunaan Model Talking Stick Dalam Pembelajaran Tentang Bunyi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didikdi Kelas IV SD Negeri Oebobo 1
XMLJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Oebobo 1. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 20 orang dengan rincian 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif. Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa siklus I dari 20 orang terdapat 11 peserta didik yang tuntas dengan persentase 55%, hasil observasi peserta didik sebesar 55%, sedangkan persentase dari observasi guru sebesar 75,69%. Siklus II hasil observasi peserta didik memperoleh persentase kentutasan sebesar 100%, observasi guru sebesar 95,83% dan tes peserta didik yakni 100%. Seluruh peserta didik tuntas karena telah mencapai hasil belajar yang diharapkan, yaitu aspek afektif seperti berani, santun, disiplin dan bertangggungjawab; aspek kognitif berupa pengetahuan tentang materi bunyi; aspek psikomotor berupa membuat laporan hasil percobaan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bunyi kelas IV SD Negeri Oebobo 1.
Kata kunci: Model Talking Stick, Bunyi, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Meylinia Kristin Dano - Personal Name
|
Student ID |
1801140045
|
Dosen Pembimbing |
Netty E.A. Nawa, S.Pd, M.Pd - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Netty E.A. Nawa - - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Dan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |