Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Macam-Macam Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Oebole Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Macam-Macam Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri Oebole Kabupaten Rote Ndao

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Inkuiri dalam materi macam-macam gaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Oebole Kabupaten Rote Ndao. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Negeri Oebole. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 18 orang. Dengan rincian siswa laki-laki 6 orang siswa perempuan 12 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Oebole, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I sebanyak 8 siswa (44,44) dari 18 siswa subjek yang tuntas karena siswamemperhatikan penjelasan guru, selalu berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok siswa sesuai langkah-langkah model Inkuiri, tidak menggangu teman yang lain, sedangkan 10 orang lainnya dari 18 subjek (55,55) tidak mencapai standar ketuntasan karena siswa tidak memperhatikan penjelasan guru lebih banyak bermain, kurang berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas kelompok. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yakni dari 18 subjek, semua siswa tuntas dengan presentase nilai 100% karena siswa mulai fokus memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru, berani untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru, aktif dalam kerja kelompok sesuai langkah-langkah modelInkuiri. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi macammacam gaya siswa kelas IV SD Negeri Oebole Kabupaten Rote Ndao.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Macam-Macam Gaya, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Vivi Fransina Hilli - Personal Name
Student ID
1801140065
Dosen Pembimbing
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M.Pd - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Hil P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA