EFEKTIVITAS POLA PEMBINAAN ANAK PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

EFEKTIVITAS POLA PEMBINAAN ANAK PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS 1 KUPANG

XML

Hendrikus Yansen Hoing.”Efektivitas Pola Pembinaan Anak Pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kupang.’’ Dibimbing oleh Thelma S.M. Kadja selaku Pembimbing I dan Heryanto Amalo selaku Pembimbig II.
Anak merupakan generasi muda masa depan bangsa, mereka sebagai tunas, potensi, dan penerus cita-cita perjuangan bangsa, harus diasuh, dilindungi, dan dididik dengan baik. Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Penyimpangan tingkah laku atau perbuatan melanggar hukum yang dilakukan oleh anak disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain adanya dampak negatif dari perkembangan, arus globalisasi di bidang komunikasi dan informasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan gaya dan cara hidup.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah pola pembinaan anak pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kupang? (2)
Bagaimanakah efektivitas pola pembinaan anak pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kupang? (3) Apakah hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pola pembinaan anak Pidana di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas 1 Kupang? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: penelitian empiris yang merupakan sebuah penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke LPKA Kelas 1 Kupang, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan dan/dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian yang di dapat oleh peneliti adalah: (1) Pola pembinaan anak pidana di LPKA Kelas 1 Kupang yakni: Program pembinaan
Pendidikan, Program pembinaan ketrampilan dan kemandirian, Program kerohania dan konseling, Program pembinaan kesadaran berbangsa dan
bernegara, Program pembinaan olaraga dan kesenian, Program pembinaaan rekreasi. (2) Efektivitas pola pembinaan anak pidana di LPKA Kelas 1 Kupang yakni: cukup efektiv dari input, proses, output dan outcome. (3) Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pola pembinaan anak pidana di LPKA Kelas 1 Kupang yakni: Kendala dari aspek yuridis, sarana dan prasarana yang belum cukup. Saran yang dapat diberikan: Pertama, diharapkan agar pemerintah dan pihak LPKA kelas 1 kupang menyiapkan satu ruang ibadah khusus bagi andikpas yang beragama katolik, sehingga tidak perlu memakai aula untuk beribadah. Sehingga pembinaaan rohani brupa kegiatan-kegiatan ibadah lebih efektif dan berjalan dengan kondusif. Kedua, diharapkan pemerintah dan pihak LPKA Kelas 1 Kupang bisa mengadakan sekolah formal bagi andikpas agar para andikpas bisa memperoleh pendidikan layak seperti anak-anak pada umumnya. Ketiga, diharapkan pihak LPKA Kelas 1 Kupang menyediakan CCTV untuk menbantu mengawasi andikpas untuk tidak melakukna tindakan diskriminalisasi sesama andikpas, hal ini juga bisa membantu petugas dalam mengawasi andikpas.


Detail Information

Item Type
Penulis
HENDRIKUS YANSEN HOING - Personal Name
Student ID
1702010391
Dosen Pembimbing
Penguji
Dr. Rudepel Petrus Leo, S.H., M.Hum - 19640612 199003 1 003 - Ketua Penguji
Dr. Thelma S.M Kadja, S.H.,M.H - 195810171988032001 - Penguji 1
Heryanto Amalo, S.H., M.H - 19651130 199203 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Hoi E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA