Skripsi
Analisis Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD GMIT 2 Oesao
XMLMetode eksperimen merupakan, suatu cara yang dilakukan guru dalampembelajaran dengan cara mengaktifkan siswa melalui pengamatan danpercobaan yang dilakukan.Metode ini bertujuan untuk membuktikan kebenaranyang ada dalam teori atau konsep pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA di SDGMIT 2 Oesao menggunakan pembelajaran Learning by doing yakni siswaberperan aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuanuntuk menganalisis dan mendeskripsikan intensitas, pelaksanaan dan faktorpendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SDGMIT 2 Oesao. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi,wawancara dan dokumentasi dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakanangket, observasi, wawancara, dandokumentasi.Hasil penelitian diperoleh data mengenai intensitas, pelaksanaan danfaktor pendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA diSD GMIT 2 Oesao . Dari hasil analisis data, intensitas penggunaan metodeeksperimen dalam pembelajaran IPA masih rendah dimana dalam 2 semesterhanya dua kali menggunakan metode eksperimen. Pelaksanaan metodeeksperimen dalam pembelajaran IPA sudah memperhatikan langkah- langkahmetode eksperimen sehingga dikategorikan sedang. Selanjutnya, mengenaifaktor pendukung penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran masihsangat rendah dimana guru bersama siswa menyesuaikan pelaksanaan metodeeksperimen dengan keadaan yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkanguru kelas dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Analisis, Penggunaan Metode Eksperimen; Pembelajaran IPA.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
EMILIO MODESTUS MAU LOKO - Personal Name
|
Student ID |
1701140075
|
Dosen Pembimbing |
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lok A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |