Disertasi
Kolaborasi Antara Blud Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr. W.Z. Johannes Dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Cabang Kupang Dalam Pelayanan Kesehatan
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan teori kolaborasi dengan temuan empeis awal penelitian mengenai kolaborasi antara BLUD RSUD.Prof.Dr.W.Z.Johannes dengan BPJS Kesehatan Cabang Kupang dalam pelayanan kesehatan yang belum memenuhi mutual benefit .Karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses kolaborasi, menemukan faktor yang paling dominan mendukung dan menghambat serta untuk mendesain model kolaborasi yang tepat antara BLUD RSUD. Prof. Dr. W.Z.Johannes Kupang dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian interpretatif dengan jenis data penelitian berupa data primer dan sekunder sedangkan untuk sumber data didapatkan melalui manusia dan data dokumen sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif Penelitian ini menemukan bahwa (1) dimensi “starting condition” lebih condong pada aktor yang lebih kuat, (2) dimensi proses kolaborasi (collaboration process) terkendala pada dialog antar-muka (face to face dialogue), membangun kepercayaan (trust building), komitmen pada proses kolaborasi (commitment to the process), pemahaman bersama (shared understanding) serta dampak sementara (intermediate outcomes) sedangkan untuk (3) dimensi fasilitative leadership (kepemimpinan fasilitatif) ditemukan positif pada level rumah sakit dan (4) pada dimensi institutional design (desain institusional). Kolaborasi ini didukung oleh adanya sistem informasi manajemen rumah sakit (SIM RS), rumah sakit rujukan Provinsi dan Regional, rumah sakit pendidikan, berakreditasi dan kredensialing serta memiliki dokter spesialis dan sub spesialis namun terkendala pada desentralisasi kebijakan, pemenuhan sumber daya, dialog/ komunikasi, insentif serta keterbukaan data sehingga penulis merekomendasikan new model of collaborative governance untuk menyempurnakan model proses collaborative governance dari Ansell dan Gash (2007:558-561) yaitu; (a) service achievement dan (b) mutually beneficially solution.
Kata Kunci: Governance, Kolaborasi , Pelayanan Kesehatan
Detail Information
Item Type |
Skripsi E-Library
|
---|---|
Penulis |
Maria Magdalena Lino - Personal Name
|
Student ID |
1612020007
|
Dosen Pembimbing |
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
LENNY MAGDALENA TAMUNU - 195505231980032003 - Dosen Pembimbing 3 |
Penguji |
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
David B W Pandie - 196112121986011002 - Penguji 1 Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
630.01 Lin K
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |