Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Di Uptd Sd Inpres Mapoli Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Di Uptd Sd Inpres Mapoli Kupang

XML

Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Inpres Mapoli. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 1 yang berjumlah 15 orang yng terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dilakukan dengan teknik observasi dan tes, kemudian data yang diperoleh akan diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan data pra-siklus yang diperoleh peneliti, terdapat 2 orang siswa (13,3%) tuntas dan sebanyak 13 orang siswa (86,6%) tidak tuntas, sehingga peneliti perlu melakukan pemberian tindakan dan memperoleh hasil pada siklus I sebanyak 6 orang siswa (40%) tuntas karena dapat membaca huruf vokal dan konsonan dan mengeja suku kata menjadi kata, sedangkan terdapat 9 siswa (60%) yang belum tuntas karena siswa kurang aktif dan kurang konsentrasi dalam membaca huruf vokal dan konsonan. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 13 orang siswa (86,7%) tuntas yang artinya guru mulai dapat mengatasi kekurangan yang terjadi pada siklus I. Akan tetapi masi terdapat 2 orang siswa yang belum tuntas pada siklus II sehingga guru perlu mencari cara untuk dapat mengatasi kekurangan pada siswa tersebut dengan perlu adanya kerja sama dengan orang tua siswa serta pendekatan lebih terhadap siswa tersebut. Peningkatan presentase hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 11 yaitu sebesar 46,7%
Dari hasil penelitiana diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Kata Kunci: media, kartu huruf, kemampuan, membaca, permulaan


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1801140055
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Ketua Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mar P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA