KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH DI HUTAN TAMAN WISATA ALAM BAUMATA

Detail Cantuman

Skripsi

KEANEKARAGAMAN SERANGGA PERMUKAAN TANAH DI HUTAN TAMAN WISATA ALAM BAUMATA

XML

Serangga tanah merupakan jenis serangga yang seluruh atau sebagian hidupnya berada di tanah, peranan dari serangga tanah bermacam- macam antara lain adalah detrivor, dekomposer, herbivor, dan predator. Banyaknya peranan serangga mejadikannya dapat dijadikan indikator kestabilan ekosistem dan dapat dijadikan rujukan penanganan apabila terjadi ketidakstabilan ekosistem. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui indeks keanekaragaman serangga permukaan tanah di Hutan Taman Wisata Alam Baumata
Penelitian ini dilakukan di Hutan Taman Wisata Alam Baumata Desa Baumata Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang pada bulan april 2022. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode perangkap jebak pitfall trap pada 2 transek yang berbeda dengan masing masing transek terdapat 10 plot, identifikasi spesimen dilakukan di laboratorium pendidikan biologi, hasil yang didapat dicocokkan menggunakan buku Borror et al (1996), Kunci Determinasi Serangga (1991) dan website BugGuidenet (2022).
Hasil penelitian didapatkan 19 spesimen serangga permukaan yang terdiri dari 8 ordo, 16 famili dan 1283 individu serangga dekomposer (1 famili), detrivor (3 famili), herbivor (7 famili) dan predator (5 famili). Ordo serangga tersebut antara lain Orthoptera (famili Gryllidae), ordo Collembola (famili emtomobrydae), Blattodea (Famili Ectobiidae, Blattidae), Hymenetoptera (Formicidae), Coleopera (Famili Tenebrionidae, Curculionidae, Nitidulidae, Scarabeidae, Scolytidae, dan Staphylinidae), Dermaptera (Forficulidae), Hemiptera (Famili Reduvidae, Largidae, Cydnidae). Diptera (Famili Tachinidae). Indeks Keanekaragaman (H’) serangga permukaan tanah yang terdapat di Hutan Taman Wisata Alam Baumata yaitu, 1,633 (keanekaragaman jenis sedang)

Kata Kunci : Hutan Taman Wisata Alam Baumata, Keanekaragaman, Serangga Permukaan Tanah.


Detail Information

Item Type
Penulis
Ninda Y. Dae Panie - Personal Name
Student ID
1701040027
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
PAULUS TAEK - - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 PAN K
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA