Pengembangan Video Motivasi Berbasis Etnosains Menggunakan Kinemaster Pada Sub Materi Interaksi Partikel Terhadap Perubahan Sifat Fisika Zat Dalam Materi Ikatan Kimia

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Video Motivasi Berbasis Etnosains Menggunakan Kinemaster Pada Sub Materi Interaksi Partikel Terhadap Perubahan Sifat Fisika Zat Dalam Materi Ikatan Kimia

XML

Telah dilakukan penelitian dengan judul pengembangan video Motivasi berbasis etnosains menggunakan kinemaster pada sub materi interaksi partikel terhadap perubahan sifat fisika zat dalam materi ikatan kimia, bertujuan untuk mengetahui wujud pengembangan video Motivasi dalam pembelajaran yang berbasis etnosains pada sub materi interaksi partikel terhadap perubahan sifat fisika zat dalam materi ikatan kimia dan untuk mengetahui kelayakannya. Video Motivasi berbasis etnosains ini dibuat menggunakan aplikasi Kinemaster dengan bantuan pengeditan menggunakan Microsoft Power Point. Pengembangan media video Motivasi berbasis etnosains ini yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti alur atau langkah-langkah model rancangan dari Borg & Gall (1983) yang dimodifikasi sesuai kebutuhan peneliti. Langkah-langkah yang ditempuh untuk menghasilkan produk dibagi menjadi 6 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk pendahuluan, (4) uji coba pendahuluan, (5) revisi desain, (6) uji coba utama. Validasi angket dilakukan oleh ahli instrumen dan validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji coba produk baik dalam skala kecil maupun skala besar dilakukan oleh peserta didik kelas X di SMAN 3 Kupang Timur, tetapi sebelum melakukan uji kelompok kecil, terlebih dahulu melakukan uji ahli yang dinilai oleh ahli instrumen, materi dan media. Hasil penilaian ahli instrumen terhadap kelayakan angket ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan 95,23%, sedangkan pada ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan video Motivasi ini memiliki kategori sangat baik dengan presentase keidealan keseluruhan masing-masing 98% untuk ahli materi dan 96,47% untuk ahli media. Hasil penilaian uji kelompok kecil pada 8 peserta didik dalam video Motivasi berbasis etnosains ini sangat baik dengan persentase keidealan 90% sedangkan uji kelompok besar pada 32 peserta didik ini sangat baik dengan persentase keidealan 96,25%. Berdasarkan hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan yang terdiri atas kelompok kecil dan uji kelompok besar terhadap video Motivasi berbasis etnosains menggunakan kinemaster pada sub materi interaksi partikel terhadap perubahan sifat fisika zat dalam materi ikatan kimia ini layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Motivasi, Etnosains, Kinemaster, Microsoft Power Point


Detail Information

Item Type
Penulis
LUISA FRARE - Personal Name
Student ID
1601060022
Dosen Pembimbing
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Ketua Penguji
Yosep Lawa - 197307272012121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Kimia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 FRA P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA