ETNOBOTANI PISANG (Musa.sp) MASYARAKAT DESA TUNUA KECAMATAN MOLLO UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

ETNOBOTANI PISANG (Musa.sp) MASYARAKAT DESA TUNUA KECAMATAN MOLLO UTARA KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tunua Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan pada bulan April dengan tujuan untuk mengetahui Etnobotani Pisang (Musa.sp) oleh masyarakat Desa Tunua Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan survei (jelajah). Topik-topik pertanyaan dibuat dalam bentuk kuesioner dan digunakan pada 20 responden yang berasal dari Desa Tunua. Dari data yang ada kemudian diuraikan tentang kegunaan pisang dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai bahan makanan, obat-obatan, pakan ternak maupun ritual adat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir semua bagian tanaman pisang seperti akar, batang, daun, bunga dan buah serta bagian lainnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Desa Tunua. Akar tanaman pisang berfungsi sebagai obat dan penangkal angin jahat. Batang tanaman pisang sebagai pakan ternak, tungku, dan pupuk kompos. Daun pisang digunakan sebagai pembungkus siri pinang, sebagai pengganti payung dimusim hujan, pembungkus makanan dan pakan ternak. Bunga pisang digunakan sebagai pakan ternak, sayuran dan sambal. Buah pisang dimanfaatkan sebagai bahan makanan, obat-obatan dan untuk dijual. Kulit dari buah pisang juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan anggur pisang. Pelepah pisang berfungsi sebagai obat penyembuh luka sayatan. Tunas daun pisang digunakan sebagai tissue basah dan obat-obatan pada ternak dan manusia. Keterikatan antara tanaman pisang dengan masyarakat Desa Tunua sangatlah erat yakni ditunjau dari segi manfaatnya yang begitu besar, sehingga masyarakat menggunakan serta menerapkan dalam budaya adat berupa upacara/ritual adat seperti kaos nono, tapotan anah dan onen totis serta bahasa adat (pantun).

Kata Kunci: Etnobotani, Tunua, Tanaman Pisang (Musa.sp), Keperluan Sehari-hari dan Ritual Adat


Detail Information

Item Type
Penulis
Setni Yumina Polly - Personal Name
Student ID
1701040154
Dosen Pembimbing
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 pol E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA