Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa

XML

Pendidikan merupakan usaha sadar, terencana untuk mewujudkan proses belajar dan hasil belajar yang optimal sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dalam undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 (1) pendidikan didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam pembelajaran peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Agar peserta didik dapat memecahkan sebuah masalah, peserta didik diharapkan memiliki pemahaman konsep yang baik. Banyak upayah yang dapat dilakukan seorang guru agar peserta didik memiliki pemahaman konsep yang baik. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Student Team Achievement Division.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kepustakaan (Library Research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT)Dan Student Team Achievement Division (STAD)Terhadap Peningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa.
Tektik pengumpulan data dalam penelitian yaitu study documenter, yaitu suatu teknik pengumpulan data yang digunakan menghimpun dan menganalisis dokumenter-dokumenter. Baik berupa dokumen tertulis, gambar maupun elektronik (menurut Maleong, lexy dalam Maharani, D. Ayu, 2017). Data penelitian yang diperoleh dari buku, beberapa jurnal penelitian dan beberapa skripsi yang relevan kemudian dianalisis (analisis isi dan deskriptif)
Berdasarkan hasil kajian pustaka model pembelajaran dan hasil penelitian yang relevan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together lebih tepat dan sangat berpengaruh dalam peningkatan pemahaman konsep fisika siswa.
Kata kunci : Penelitian Kepustakaan, Number Head Together (NHT), Pemahaman Konsep.


Detail Information

Item Type
Penulis
Eston Nadek - Personal Name
Student ID
1301053078
Dosen Pembimbing
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 1
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Penguji 1
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Nadek P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA