Skripsi
Identifikasi Etnomatematika Dalam Aktivitas Menganyam Pada Suku Lamaholot Di Pulau Solor Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada aktivitas menganyam Suku Lamaholot di Pulau Solor, mendeskripsikan konsep matematika yang terkait serta menyusun perangkat pembelajaran untuk konsep matematika yang ditemukan pada budaya menganyam Suku Lamaholot di Pulau Solor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman. Peneliti sebagai instrumen utama mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Terkait subjek penelitian, dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika dalam aktivitas menganyam pada Suku Lamaholot di Pulau Solor. Pada aktivitas menghitung terdapat konsep perkalian, aktivitas mengukur terdapat konsep satuan baku dan tidak baku, aktivitas merancang terdapat konsep geometri. Dengan demikian, konsep-konsep matematika sekolah dalam aktivitas menganyam pada Suku Lamaholot di Pulau Solor ini dapat dikembangkan dengan merancang sebuah perangkat pembelajaran yang bersesuaian.
Kata Kunci: Etnomatematika, Menganyam, Pembelajaran Matematika
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SYAKIA ARISKA SINUN - Personal Name
|
Student ID |
1801030002
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 SIN I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |