PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DI KELAS IV SDINPRES OEBA 1 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MATERI MACAM-MACAM ENERGI DI KELAS IV SDINPRES OEBA 1 KUPANG

XML

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji adanya pengaruh yang signifikan pada permainan edukatif puzzle terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi macam-macam energi di kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent (pre-test post-test) Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang yang berjumlah 25 siswa. Dengan sampel 13 siswa di kelas eksperimen dan 12 siswa di kelas kontrol.Tekni dan instrument pengumpulan data yakni Tes dan Lembar observasi. Tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen soal sebelum digunakan terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reabilitas. Setelah data terkumpul akan dianalisis dan dilanjutkan menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan permainan edukatif puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA mater macam-macam energi di kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan permainan edukatif puzzle 86, lebih tinggi daripada presentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran model konvensional yang hanya mencapai 79. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil uji hipotesis terhadap data posttest dapat dikatakan bahwa nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dengan permainan edukatif puzzle dibandingkan pembelajaran dengan model konvensional.


Detail Information

Item Type
Penulis
Dewi Aisyah Rachmat - Personal Name
Student ID
1601140118
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 RAC P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA