Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Digital Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Digital Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMK Negeri 2 Kupang

XML

ABSTRAK
PENGARUH PEROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SMK NEGERI 2 KUPANG Angelus Nahak1 , Edy Suprapto2 , Priyono3 Jurusan/Program Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang E-mail : nahak060199@gmai.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi, Teknik analisis data mengunakan uji prasyaratan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru guru yang sudah memiliki sertifikat di SMK Negeri 2 kupang yaitu 30 guru. Uji validitas mengunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas mengunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian sebagai berikut, (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan nilai sig. 0,000 > 0,05. Nilai t hitung 9,349 > t tabel 2,048. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai t hitung 29,553 > t tabel 2,048. (3) terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan hasil nilai sig. 0,000 > 0,05. Nilai f hitung 48,389 < f tabel 3,35. Nilai koefisian determinasi (R²) sebesar 0,973. Sedangkan 0,27 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat diteli. Kata kunci: Profesionalisme Guru, Kemampuan Literasi Digital Guru, Kualitas Pembelajaran.


Detail Information

Item Type
Penulis
Angelus Nahak - Personal Name
Student ID
1801120035
Dosen Pembimbing
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 1
PRIYONO - 196111171994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Ketua Penguji
priyo - - Penguji 1
Wofrid E. Bianome - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
22201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 Nah P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA