Skripsi
Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Kemampuan Literasi Digital Guru Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Pada SMK Negeri 2 Kupang
XMLABSTRAK
PENGARUH PEROFESIONALISME GURU DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SMK NEGERI 2 KUPANG Angelus Nahak1 , Edy Suprapto2 , Priyono3 Jurusan/Program Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Kupang Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang E-mail : nahak060199@gmai.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Teknik pengumpulan data mengunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi, Teknik analisis data mengunakan uji prasyaratan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru guru yang sudah memiliki sertifikat di SMK Negeri 2 kupang yaitu 30 guru. Uji validitas mengunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas mengunakan rumus alpha cronbach. Hasil penelitian sebagai berikut, (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan nilai sig. 0,000 > 0,05. Nilai t hitung 9,349 > t tabel 2,048. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai t hitung 29,553 > t tabel 2,048. (3) terdapat pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan kemampuan literasi digital guru terhadap kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 pada SMK Negeri 2 kupang. Berdasarkan hasil nilai sig. 0,000 > 0,05. Nilai f hitung 48,389 < f tabel 3,35. Nilai koefisian determinasi (R²) sebesar 0,973. Sedangkan 0,27 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat diteli. Kata kunci: Profesionalisme Guru, Kemampuan Literasi Digital Guru, Kualitas Pembelajaran.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Angelus Nahak - Personal Name
|
Student ID |
1801120035
|
Dosen Pembimbing |
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 1
PRIYONO - 196111171994031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
22201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Mesin
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
832.03 Nah P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |