Penggunaan Strategi Group Resume Dalam Meningkatkan Kemampuan Menunjukkan Gagasan Pokok Oleh Siswa Kelas Iv Sd Inpres Laus

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Strategi Group Resume Dalam Meningkatkan Kemampuan Menunjukkan Gagasan Pokok Oleh Siswa Kelas Iv Sd Inpres Laus

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran group resume dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung pada siswa kelas IV SD Inpres Laus tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV yang terdiri dari 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif, mencari persen nilai ketuntasan per siklus.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam 70, sebelum menggunakan strategi pembelajaran group resume hanya ada 4 siswa (25%) yang tuntas, sedangkan 12 siswa (75%) belum tuntas. Setelah menggunakan strategi pembelajaran group resume dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, pada siklus I diperoleh data 8 siswa yang tuntas (50%) dan 8 siswa belum tuntas (50%). Pada siklus II, siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa (100%). Terjadi peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 25% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 50%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Group Resume dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan materi gagasan pokok dan gagasan pendukung.

Kata Kunci : Strategi Group Resume, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Eang Sandri Manoe - Personal Name
Student ID
1701140215
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 1
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Departement
Pendididkan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
86206 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA