Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Serta Kendala Yang Dihadapi Kepolisian Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Nagekeo)

Detail Cantuman

Skripsi

Faktor Penyebab Dan Upaya Penanggulangan Serta Kendala Yang Dihadapi Kepolisian Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Nagekeo)

XML

Penelitian ini membahas mengenai Faktor Penyebab dan Upaya Penanggulangan serta Kendala yang Dihadapi Kepolisian dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Kasus di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Nagekeo). Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin banyaknya perbuatan pidana yang dilakukan oleh para remaja. Perkembangan zaman sangat mempengaruhi perilaku remaja saat ini. Banyak remaja yang terjerumus ke perbuatan yang melawan hukum akibat mengikuti perkembangan zaman. Juga faktor sosiologi, ekonomi, lingkungan, dan media sosial, juga dapat mempengaruhi perkembangan perilaku para remaja. Penelitian ini dilakukan di Polres Nagekeo tepatnya di Kabupaten Nagekeo, dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris yakni pendekatan yang dilakukan dengan cara penelitian di lapangan. Hal ini untuk mencapai penelitian itu sendiri, yaitu untuk mengetahui penyebab dan peran kepolisian dalam mengatasi kenakalan remaja di wilayah hukum Polres Nagekeo, dan upaya kepolisian dalam mengatasi kenakalan remaja dan untuk mengetahui kendala kepolisian dalam mengatasi kenakalan remaja. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka cara menanggulangi kenakalan remaja yang dilakukan oleh polres Nagekeo yang diawali dengan upaya preventif dan represif. Adapun kendala yang dialami kepolisian Nagekeo yaitu, kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya, dan kurangnya kesadaran remaja tentang hukum.
Untuk lebih mengoptimalkan penanganan terhadapap permasalahan ini, penulis meyarankan masyarakat dan kepolisian perlu memperhatikan beberapa hal seperti pertama, Hendaknya dalam rangka mencegah dan menanggulangi tindak kenakalan remaja itu Kepolisian Nagekeo dapat bertindak lebih aktif, khususnya pada saat melakukan penyelidikan dan penyidikan, sehingga dapat menimbulkan efek jera terhadap para remaja untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya. Kedua Untuk mencegah tindak kenakalan remaja tidak dapat hanya dengan mengandalkan peran polisi, melainkan juga memerlukan peran serta dari masyarakat sendiri, karena kejahatan itu terjadi di masyarakat sehingga dari masyarakatlah dapat diperoleh informasi tentang kenakalan remaja. Dengan ini, dihimbau kepada seluruh anggota masyarakat agar dapat berperan aktif membantu kepolisian dalam mencegah kenakalan remaja, Ketiga Agar upaya penal dan non-penal dalam menanggulangi tindak pidana kenakalan remaja dapat optimal, pemerintah hendaknya mengalokasikan dana yang proporsional bagi kepolisian agar menunjang kinerja dari kepolisian dalam pencegahan terhadap kenakalan remaja.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1802010301
Dosen Pembimbing
Penguji
Adrianus Djara Dima - 196604071990031001 - Ketua Penguji
Dr. Rudepel Petrus Leo, S.H., M.Hum - 19640612 199003 1 003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Ngo F
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA