Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 7 Kota Kupang Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa SMP Negeri 7 Kota Kupang dan kurangnya kreativitas guru dalam memilih model dan media yang tepat dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Aplikasi GeoGebra.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes dan kuisioner respon siswa dengan instrumen penelitian adalah lembar observasi, soal tes dan kuisioner. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan terjadinya peningkatan siklus I ke siklus II yaitu hasil tes kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 13,33% menjadi 86,67% dengan aspek kemampuan pemecahan masalah juga meningkat yaitu: a) aspek memahami masalah dari 54,72% menjadi 88,09%, b) aspek merencanakan pemecahan masalah dari 58,26% menjadi 77,55%, c) aspek menyelesaikan masalah dari 62,14% menjadi 80% dan d) aspek menyimpulkan dari 31,03% menjadi 75,51%. Keterlaksanaan data observasi guru mengajar meningkat dari nilai 86,667 menjadi 93,75, data observasi aktivitas siswa meningkat dari nilai 79,76 menjadi 89,285. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat setelah diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan GeoGebra di SMP Negeri 7 Kota Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, GeoGebra, Bangun Ruang Sisi Datar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Hestini Andriani Putri Ncaung - Personal Name
|
Student ID |
1801030017
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Patrisius A Udil - 19930911 201903 1 020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Nca P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |